Nabi Luth

Posted: September 26, 2010 in Uncategorized

Dalam rombongan hijrah Nabi Ibrahim turut serta keponakannya, Luth, yang kemudian diangkat pula oleh ALLAH menjadi rasul-Nya, dan ditugaskan menyampaikan risalah pada penduduk kota Sadum (Sodom). Kota Sadum terletak di tenggara Kan’an, tepat di tempat yang sekarang dinamakan Laut Mati.

Nabi Luth as., menyampaikan dakwahnya pada penduduk Sadum yang banyak berbuat zalim, yaitu berhubungan seksual sejenis, terutama lelaki dengan lelaki. Suatu kekejian yang belum pernah dilakukan oleh umat-umat sebelumnya sejak zaman Nabi Adam as., bapak seluruh manusia. Dakwah beliau hanya berhasil menyadarkan sedikit dari penduduk dua kota, yaitu kaum keluarganya. Penduduk yang lain tetap pada kekejiannya, hingga datanglah keputusan Tuhan.

Keputusan Tuhan datang dibawa oleh beberapa Malaikat. Sebelum pergi ke Sadum, mereka terlebih dahulu singgah ke tempat Nabi Ibrahim sambil membawakan berita gembira bahwa Sarah yang belum mempunyai anak akan segera hamil dan anaknya bernama Ishak dan dari Ishak akan lahir Ya’kub. Setelah menyampaikan berita tersebut, para Malaikat segera pergi ke kota Sadum untuk menjumpai Nabi Luth dan menyampaikan kabar bahwa siksaan ALLAH pada penduduk Sadum akan segera tiba dan memerintahkan Nabi Luth beserta keluarganya untuk meninggalkan kota tersebut pada tengah malam dan melarang mereka menoleh ke belakang. Istri Nabi Luth yang sebenarnya kafir dan berpihak pada kaumnya yang zalim melanggar perintah tersebut. Dia menoleh ke belakang dan ikut terkena azab.

Malaikat mengangkat tanah tempat kota itu berdiri, membawanya ke atas, membalikkannya dan menghempaskannya hingga amblas ke dalam bumi, kemudian menghujaninya dengan batu-batu yang terbakar. Saat ini tempat tersebut amblas menjadi daratan terendah di muka bumi, 400 m di bawah permukaan laut digenangi air, disebut Danau Luth atau populer dengan nama Laut Mati. Tidak ada tumbuhan atau hewan yang dapat hidup di situ.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s